Google Adsense telah menjelma menjadi sesuatu yang sakral dikalangan
blogger dunia, bahkan di Indonesia. Ada banyak blogger yang tiba-tiba
menjadi sangat makmur dengan memanfaatkan layanan gratis dari Google
ini.
Rekan bisnis, begitulah ungkapan yang tepat bagi blogger atau publisher dengan Google sebagai penyedia layanan bernama Adsense. Google tidak menyediakan iklan, tapi hanya bertindak sebagai perantara. Pengiklan hanya menggunakan Google untuk promosi dan blogger bertindah menyiarkan iklan tersebut. Bagi hasil pun terjadi dari proses ini.
Meski terlihat publisher tidak mampu berbuat apa-apa untuk meningkatkan penghasilan, namun Google sebenarnya telah menyediakan berbagai tools yang bisa digunakan. Salah satunya adalah custom channel atau saluran khusus.
(Baca Juga: Cara Upgrade Akun Google Adsense Jadi Full Approve)
Custom channel punya peran besar dalam meningkatkan penghasilan seorang blogger, apalagi yang mengusung tema spesifik. Dengan menggunakan layanan ini, iklan yang muncul di blog akan lebih tertarget, karena dalam saluran itu akan terisi iklan yang dikehendaki, tentu saja harga iklannya akan tinggi.
Misalnya blog kita berisi informasi seputar traveling, maka kita bisa membuat saluran khusus iklan yang isinya seputar travel. Bagi pengiklan yang ingin mempromosikan produk travelnya akan memasang iklan di blog atau website yang kita kelola.
Harganya juga akan tinggi karena sistemnya melalui lelang. Semakin besar trafik yang dibuat, maka semakin mahal harga iklannya. Tentu saja, penghasilan akan lebih besar dari biasanya.
(Baca Juga: Cara Mencairkan Pembayaran Adsense di Western Union)
Custom channel juga memiliki pelaporan pendapatan khusus, sehingga kita bisa memantau perkembangan dari channel yang kita buat. Meski unit iklan lain tetap bisa dipantau, namun laporan dari custom channel dapat dianalisa kinerjanya dengan spesifik, sehingga kita diberi pilihan untuk meningkatkan atau menghilangkannya.
Cara Membuat Custom Channel Adsense
Untuk membuat saluran khusus, caranya sangat mudah. Anda hanya perlu masuk ke dasbor Adsense Anda lalu pilih tab My Ads. Setelah itu pilih Custom Channel, kalau akun Anda berbahasa Indonesia maka tulisannya Saluran Khusus. Setelah itu klik New Custom Channel.
Ketika mengklik New Custom Channel maka akan muncul jendela baru yang berisi beberapa informasi.
(Baca Juga: Meningkatkan Pageviews dengan Matched Content Adsense)
Untuk membuat saluran khusus, Anda harus mencentang terlebih dahulu tulisan Show this custom channel to advertisers as a targetable ad placement atau dalam bahasa Indonesia Tampilkan saluran khusus ini kepada pengiklan sebagai penempatan iklan yang dapat ditargetkan. Jika dicentang maka hasilnya seperti gambar berikut.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan disini bagian ini.
Dengan mengikuti cara diatas, saluran khusus Anda akan segera dilihat oleh pengiklan. Agar lebih maksimal menggunakan custom channel, ada baiknya mengintip harga iklan dan persaingan lelang di Google Keyword Planner.
Cara ini akan mempermudah pengiklan mempromosikan produknya dan membuat penayang iklan meningkatkan penghasilannya. Pengiklan juga akan merasa diuntungkan, karena iklannya benar-benar tepat sasaran.
Rekan bisnis, begitulah ungkapan yang tepat bagi blogger atau publisher dengan Google sebagai penyedia layanan bernama Adsense. Google tidak menyediakan iklan, tapi hanya bertindak sebagai perantara. Pengiklan hanya menggunakan Google untuk promosi dan blogger bertindah menyiarkan iklan tersebut. Bagi hasil pun terjadi dari proses ini.
Meski terlihat publisher tidak mampu berbuat apa-apa untuk meningkatkan penghasilan, namun Google sebenarnya telah menyediakan berbagai tools yang bisa digunakan. Salah satunya adalah custom channel atau saluran khusus.
(Baca Juga: Cara Upgrade Akun Google Adsense Jadi Full Approve)
Custom channel punya peran besar dalam meningkatkan penghasilan seorang blogger, apalagi yang mengusung tema spesifik. Dengan menggunakan layanan ini, iklan yang muncul di blog akan lebih tertarget, karena dalam saluran itu akan terisi iklan yang dikehendaki, tentu saja harga iklannya akan tinggi.
Misalnya blog kita berisi informasi seputar traveling, maka kita bisa membuat saluran khusus iklan yang isinya seputar travel. Bagi pengiklan yang ingin mempromosikan produk travelnya akan memasang iklan di blog atau website yang kita kelola.
Harganya juga akan tinggi karena sistemnya melalui lelang. Semakin besar trafik yang dibuat, maka semakin mahal harga iklannya. Tentu saja, penghasilan akan lebih besar dari biasanya.
(Baca Juga: Cara Mencairkan Pembayaran Adsense di Western Union)
Custom channel juga memiliki pelaporan pendapatan khusus, sehingga kita bisa memantau perkembangan dari channel yang kita buat. Meski unit iklan lain tetap bisa dipantau, namun laporan dari custom channel dapat dianalisa kinerjanya dengan spesifik, sehingga kita diberi pilihan untuk meningkatkan atau menghilangkannya.
Cara Membuat Custom Channel Adsense
Untuk membuat saluran khusus, caranya sangat mudah. Anda hanya perlu masuk ke dasbor Adsense Anda lalu pilih tab My Ads. Setelah itu pilih Custom Channel, kalau akun Anda berbahasa Indonesia maka tulisannya Saluran Khusus. Setelah itu klik New Custom Channel.
Ketika mengklik New Custom Channel maka akan muncul jendela baru yang berisi beberapa informasi.
(Baca Juga: Meningkatkan Pageviews dengan Matched Content Adsense)
Untuk membuat saluran khusus, Anda harus mencentang terlebih dahulu tulisan Show this custom channel to advertisers as a targetable ad placement atau dalam bahasa Indonesia Tampilkan saluran khusus ini kepada pengiklan sebagai penempatan iklan yang dapat ditargetkan. Jika dicentang maka hasilnya seperti gambar berikut.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan disini bagian ini.
- Pada bagian Name tulis nama channel sesuai yang ingin Anda targetkan, meski ini bisa apa saja, namun tulislah dengan bahasa yang sopan.
- Kedua, dibagian Ad Units, pilih satu atau lebih unit iklan yang ingin ditargerkan. Jika hanya ingin membuat satu saluran khusus untuk setiap blog, maka pilih saja yang punya posisi strategis.
- Pada bagian penargetan ini akan ditampilkan kepada pengiklan, sehingga harus diisi dengan baik. Pertama pada bagian Ads Appear on pilih kategori yang sesuai dengan tema blog Anda. Misal soal travel, maka pilih kategori travel dan kategori lain yang ada hubungannya dengan travel.
- Lokasi iklan yang akan dicustom juga harus dipilih secara spesifik, namun jika memilih lebih dari satu unit iklan, maka pilih saja di beberapa lokasi atau Multiple Locations.
- Pada bagian deskripsi usahakan menginformasikan blog Anda dengan baik dan benar. Jangan menggunakan bahasa yang sulit dipahami pengiklan dan kalau perlu ceritakan soal demografi pembaca Anda, misal lebih banyak perempuan, maka tulislah demikian. Kalau perlu informasi Google Analytics Anda, ceritakan secara singkat dibagian ini.
- Terikahir pilih Site Language, jika menggunakan bahasa Indonesia pilih Indonesia begitu juga jika menggunakan bahasa lainnya. Setelah itu klik Save.
Dengan mengikuti cara diatas, saluran khusus Anda akan segera dilihat oleh pengiklan. Agar lebih maksimal menggunakan custom channel, ada baiknya mengintip harga iklan dan persaingan lelang di Google Keyword Planner.
Cara ini akan mempermudah pengiklan mempromosikan produknya dan membuat penayang iklan meningkatkan penghasilannya. Pengiklan juga akan merasa diuntungkan, karena iklannya benar-benar tepat sasaran.
0 Response to " Cara Meningkatkan Penghasilan Adsense dengan Custom Channel "
Posting Komentar